MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

gaji guru honorer

salam guru indonesia
apa kabar para guru semua, khususnya untuk semua guru honorer dimanapun berada, semoga selalu dalam keberkahan dan kelapangan rizki.

pada bahasan kali ini author akan membahas tentang gaji guru honorer. kira-kira berapa gaji bapak ibu semua? hampir ditiap daerah gaji guru honorer berbeda besarannya, ada yang 250 ribu perbulan, ada yang 500 perbulan ada juga yang 750ribu perbulan. dan ada beberapa yang lebih besar dari itu, sangat beraneka ragam.

sebenarnya hal ini adalah masalah yang tidak disadari oleh pemerintah, dengan jam kerja yang sama, namun upah yang berbeda, membuat  guru honorer di beberapa daerah mendapat upah yang lumayan, namun beberapa daerah lainnya mendapat upah yang tidak masuk akal.

belakangan ini tengah santer isu gaji guru yang akan disetarakan dengan UMR, beberapa daerah telah menyatakan minatnya untuk merealisasikan hal tersebut, seperti kota magelang, meskipun baru sebatas rencana dan masih  dalam tahap pembahasan, kota magelang sangat berharap rencana tersebut akan teealisasi pada tahun 2017 mendatang.

dan tentunya realisasi rencana gaji guru akan setara UMR sangat bergantung pada pemegang keputusan di pemerintah daerah, untuk saat ini, namun jika saja pemerintah pusat mau turun tangan membantu merealisasikan hal tersebut, maka akan semakin nyata impian guru honorer untuk mendapat gaji setara umr

UMR ditiap daerah memang berbeda, dan jika itu benar-benar diterapkan, timbul pertanyaan, bukankah gaji guru honorer ditiap wilayah masih akan berbeda, sama seperti sebelumnya? BENAR, gaji guru honorer tetap akan berbeda meskipun pemerintah pusat menerapkan sistem gaji guru honorer setara UMR, tapi jangan lupa juga bahwa UMR ditetapkan berdasarkan pada besaran kebutuhan hidup dalam daerah tersebut.

JADI, meskipun nantinya setelah direalisasikan gaji guru honorer tetap akan berbeda ditiap wilayah, namun gaji yang guru honorer terima sudah sepadan dengan besaran kebutuhan hidup mereka didaerah mereka bertugas.

dan dampak nyata dari realisasi gaji guru honorer setara UMR adalah GAJI GURU HONORER MENJADI LEBIH MANUSIAWI.

hanya saja, rencana menaikan gaji guru honorer setara UMR masih baru beberapa daerah saja, belum seluruh wilayah indonesia, yang disebabkan banyak faktor, seperti APBD, jumlah guru honorer didaerah tersbut, dan lain-lain

namun, jika ada satu wilayah saja yang berani menerapkan rencana gaji guru honorer setara UMR, maka akan terjadi gejolak besar ditubuh pendidikan, guru-guru honorer diberbagai daerah akan menuntut hal yang sama, gaji merekapun harus setara umr. bayangkan jika seluruh guru honorer mengadakan mogok kerja, berapa ratus ribu kekosongan guru dikelas nantinya.

untuk itu baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat harus benar-benar bijak dalam menanggapi isu gaji guru setara UMR ini, jika tidak ingin negara ini krisis guru.

karena guru honorer sudah benar-benar habis kesabaran pada pemerintah, hampir setiap kebijakan yang dibuat malah tidak berpihak pada guru honorer, dimulai dari gaji yang tidak masuk akal, jam kerja yang sama dengan guru lainnya, tuntutan adm yang juga sama, bahkan disalah satu kabupaten akan memberhentikan guru honorer mereka pada bulan juli 2017.

semoga tidak adalagi kebijakan-kebijakan yang tidak manusia pada guru honorer, karena pemerintah harus ingat bahwa mereka semua adalah GURU.

sekian bahasan kita kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa share, komen dan subsricbe, untuk memudahkan pembaca menerima berita update dari Negara Mendidik.

salam guru indonesia

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.