MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

Penerimaan cpns 2016 jalur GGD tahap II


kabar penerimaan cpns tahun 2016 ini sudah menjadi kabar paling ditunggu sejak 2 tahun terakhir, dikarenakan oleh tidak adanya penerimaan cpns baru pada tahun 2015 kemarin.

sudah banyak sekali media online yang memuat tentang kabar penerimaan cpns 2016 ini, namun sampai saat ini kebenarannya masih menjadi tanda tanya, apakah memang benar ada penerimaan cpns dari jalur umum pada tahun 2016 ini?

tidak ada yang dapat memastikan hal tersebut, bahkan Menpan sendiri tidak bisa memastikan kata-katanya, yang mana lebih banyak kata kosong daripada kejujuran. seperti janji untuk mengangkat honorer k2 dan para tenaga kesehatan ptt. namun tidak ada satupun yang telah terealisasi saat ini, dan masih berkecimpung dengan gosip dan tebak-tebakan.

mungkin para calon pelamar tes cpns dari jalur umum harus sedikit bersabar lagi hingga tahun 2017 nanti, dimana kemungkinan besar akan dibuka penerimaan tes cpns dari jalur umum, sebab jika tidak dibukanya penerimaan cpns 2017 yang baru, maka dibeberapa lini , akan terjadi kekosongan tenaga, terutama bagi tenaga pengajar.

karena itu untuk sedikit mengantisipsi krisis tenaga pengajar, Menpan dan kemendikbud membuka penerimaan cpns baru 2016 dari jalur GGD tahap II.

dari informasi yang saya dapatkan, saat ini beberapa daerah tengah melakukan penerimaan untuk para calon pelamar tes cpns dari jalur GGD tahap II. 

namun perlu juga diketahui oleh para pembaca, penerimaan dari jalur ggd hanya diperuntukan bagi kualifikasi tertentu saja. 

seperti untuk kuota guru sd, kualifikasi yang dibutuhkan hanya dari S1 PGSD Berasrama. yang mana S1 PGSD Berasrama ini adalah hasil program Pemda bersama Pusat pada tahun 2006/2007 kemarin. para alumni S1 PGSD Berasrama ini pun adalah kloter pertama yang mengikuti PPG setelah lulus kuliah, sehingga para alumnusnya telah memiliki sertifikat pendidik saat ini.

namun, tidak semua daerah yang membuka penerimaan cpns baru 2016 dari jalur GGD tahap II ini, yang jelas untuk daerah SUMSEL, daerah yang melakukan perekrutan cpns 2016 jalur GGD adalah Kabupaten MUSI RAWAS dan Kabupaten MUSI RAWAS UTARA (MURATARA).

proses perekrutan cpsn 2016 dari jalur ggd tahap 2 ini telah sampai pada tahap pengumpulan berkas pelamar, dan dimana diketahui bahwa jumlah pelamar yang memenuhi kualifikasi tersebut lebih sedikit dari kuota yang diberikan, dan kemungkinan besar semua pelamar cpns 2016 dari jalur ggd tahap 2 ini akan langsung diterima.

memang sekilas seperti pemerintah kurang adil dengan calon pelamar umum yang lain dengan kualifikasi yang berbeda, namun patut juga diketahui bahwa para Guru GGD harus mengajar di daerah paling terpencil, terpelosok, dan terdepan dengan segala kekurangan, seperti akses jalan, akses komunikasi, dan lain-lain.

untuk itu, pemerintah terutama kemendikbud telah menyiapkan berbagai fasilitas dan tunjangan bagi para GGD tahap 2 ini, seperti rumah dinas, tunjangan terpencil, dan lain-lain.

semoga para cpns baru ggd tahap 2 ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan lancar, dan dapat membantu mencerdaskan anak bangsa.

salam guru indonesia, silahkan dishare jika bermanfaat bagi para guru

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.