MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

INFO UKG: UKG SERENTAK WAJIB BAGI SEMUA GURU DI AKHIR NOVEMBER 2015 NANTI

Akhir November nanti para guru atau tepatnya semua guru seindonesia baik sertifikasi maupun belum bersertifikasi wajib untuk mengikuti Tes UKG yang rencanaya akan diadakan akhir November nanti.


karena pemerintah beralasan pemerintah baru bisa memetakan 1.6 juta guru diseluruh indonesia, dan mirisnya dari 1.6 juta tersebut, hanya ada 192 guru yang mampu meraih nilai hasil uji kompetensi guru sebesar 90, dan jika diratakan, maka rata-rata hasil uji kompetensi guru hanya sebesar 42


untuk itulah pemerintah ingin melaksanakan Uji Kompetensi Ulang, dan kali ini pesertanya seluruh guru indonesia

pak Mendikbud sendiri, anies menyatakan bahwa memang banyak para guru yang khawatir tidak mampu lulus Uji Kompetensi Guru yang akan diadakan akhir november nanti, mendikbud menilai, kekhwatiran para guru sebenarnya bukan pada nilai yang nanti diperoleh, tetapi pada konsekuensi hasil nilai tersebut padahal pemerintah bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi para guru sebagai dampak dari  tes UKG tersebut

namun Pak anies berpesan untuk tidak perlu khawatir berlebihan, Tes UKG dilakukan untuk mengintropeksi diri sendiri, untuk mengetahui kemampuan diri, bukan untuk menakuti para guru indonesia.

menurut pak anies, untuk bisa meningkatkan kemampuan didalam diri sendiri, kita haruslah sering - sering mengukur diri. Dikutip dari laman Kemendikbud, Rabu (16/9/2015)

konsekuensi dari hasil UKG itu sendiri tidaklah menakutkan, nantinya pemerintahkan akan mengelompokan para guru berdasarkan hasil nilai uji kompetensi mereka, bagi yang mendapat nilai tinggi, maka akan diberi pembekalan wajib profesi berkelanjutan selama 4 sampai 10 jam, sedangkan untuk para guru yang mendapat nilai dibawah standar pemerintah, maka waktunya akan jauh lebih lama.

untuk itu siapkan diri anda mulai dari sekarang juga, karena waktunya semakin dekat setiap harinya.

berikut saya uraikan Tata Tertib, Tata Cara dan Tips menghadapi UKG 
  Tata Tertib UKG
  1. Setelah registrasi, para guru memasuki ruangan sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya, yaitu: (a) Kartu peserta UKG (dicetak melalui AP2SG) oleh Dinas Pendidikan; (b) Surat tugas dari Kepala Sekolah; dan (c) Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor asli) yang sah dan masih berlaku.
  2. Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (flash disk, external hardisk, kalkulator dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian.
  3. Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun, maka haknya sebagai peserta uji kompetensi dinyatakan gugur.
  4. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis

 Tata Cara Ujian Online
  1. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta uji kompetensi guru dan NUPTK.
  2. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit menggunakan soal ujicoba atau soal latihan
  3. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan.
  4. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses.
  5. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D).
  6. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 5 di atas. Mengganti jawaban beberapa kali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya.
  7. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.
  8. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai. (sumber: LPMP Jawa Barat)
 
1. Pra UKG (Persiapan)
  • Pahami dan patuhi tata tertib dan tata cara ujian di atas. Dalam hal ini sebaiknya Anda lakukan simulasi pengisian soal-soal agar Anda punya gambaran umum bagaimana teknis login dan pengisian soal-soal. (unduh video tutoral ini: 
  • Pahami kisi-kisi Uji Kompetensi (UK) Tahun 2015, kemudian cari dan kuasai informasi dan sumber-sumber yang sekiranya relevan dengan kisi-kisi, bisa berdasarkan dari buku-buku teks ataupun sumber-sumber online.
  • Diskusikan materi-materi yang akan diujikan maupun teknis pengisian lainnya dengan rekan sejawat, khususnya dengan sejawat yang sama-sama akan mengikuti UKG. Hadirkan  atau datangi narasumber yang pernah mengikuti UKG dengan nilai yang memadai untuk diminta berbagi pengalaman dengan Anda.
2. Selama UKG online berlangsung (Pelaksanaan)
  • Jawablah soal-soal secara berurutan mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor terakhir, dianjurkan jangan diacak. Berhati-hatilah dalam memilih opsi jawaban, karena opsi jawaban yang diberikan biasanya mengandung daya pengecoh (distractor) yang lumayan tinggi. Gunakan pemahaman dan logika berfikir Anda secara cermat untuk menentukan pilihan jawaban yang paling tepat.
  • Saya yakin, soal yang diberikan sudah dirancang sedemikian rupa, termasuk alokasi waktu yang disediakan. Oleh karena itu, kelola waktu yang tersedia secara cermat.  Tidak perlu tergesa-gesa, tetapi tidak perlu juga terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu. Anda akan bertemu dengan 3 kategori soal: (1) mudah, Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk menjawabnya, dan dengan segera Anda bisa melanjutkan pengisian soal berikutnya; (2) sedang, Anda membutuhkan waktu rata-rata/normal untuk menjawabnya. Waktu normal adalah jumlah waktu yang tersedia dibagi jumlah soal; (3) sukar, Anda membutuhkan waktu lebih dari rata-rata untuk menyelesaikannya.
  •  Anda mungkin menemukan pula soal yang sama sekali Anda belum memiliki pengetahuan tentang hal yang ditanyakan. Menghadapi soal seperti ini, saya sarankan tetap diisi menggunakan intuisi Anda.


   TRIK DARI SAYA: 
1. jika itu soal hafalan (contoh:pkn. bahasa, ips, dll) maka saya akan memilih jawaban yang paling panjang atau paling pendek diantara opsi yang ada.  
  
 2.  didalam soal selalu tersirat jawabannya jadi  anda harus tenang dan fokus saat membaca soal.  pahami detil soal tersebut, maka pasti anda akan menemukan jawabannya, optimalkan nalar anda

3. jika soal yang berkaitan dengan angka, maka pilihlah jawaban yang angkanya paling banyak keluar diantara pilihan jawaban yang lain (contoh a. 1234 b.1357 c.1237 maka pilihlah jawaban C) 

 *cara ini tidak pasti benar jawabannya, tapi sudah saya coba saat tes cpns 2013 kemarin. dan INGAT ini hanya trik ketika anda sudah benar-benar tidak bisa menjawab soal, maka jadikan triks ini cara terakhir untuk menjawab. belajar tetap lebih diutamakan !

Jangan ragu bertanya kepada petugas ruangan, apabila ada hal-hal yang belum jelas atau kendala dalam mengoperasikan komputer yang Anda gunakan, khususnya bagi Anda yang belum terbiasa akrab dengan komputer.
 
Baca juga info update lainnya di INFO UKG

jika ada pertanyaan, langsung kirim komentar dibawah atau fast respon kirim komentar ke Negara Mendidik setelah anda bergabung ke grup tersebut dan ikuti halamannya Negara Mendidik

salam guru indonesia (y)





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.