MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

INFO PENGANGKATAN HONORER K2: INI PENJELASANNYA dari TIM VERVAL HINGGA JADWALNYA

Saat ini, pemerintah tengah sibuk menyelesaikan proses pengangkatan honorer k2, mulai dari jadwal pengangkatan, skenario pengangkatan honorer k2, anggaran penganggkatan guru k2 hingga membentuk tim verval data guru honorer k2

UNTUK TIM VERVAL DAN TIM SUPERVISI:

Tahap verifikasi dan validasi data adalah tahap awal yang harus dilewati para guru honorer k2 untuk bisa mengikuti seleksi pengangkatan cpns, tahap ini memang terlihat sederhana, tapi jangan dianggap sepele, jika anda guru honorer k2 tidak masuk atau tidak lolos verifikasi dan validasi data, maka secara otomatis anda tidak bisa ikut seleksi pengangkatan honorer k2

sederhanya, tahap verval ini dapat kita asumsikan seperti absensi kehadiran, jadi, jika nama anda tidak ada dalam absensi kehadiran, bagaimana anda bisa ikut seleksi, karena itulah tahap verval ini sangat penting untuk dilewati dengan sukses oleh tiap guru honorer k2

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ditunjuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi sebagai ketua tim verifikasi data honorer kategori dua (K2). Sedangkan Panselnas CPNS menjadi tim supervisi.

"Yang sudah diputuskan baru ketua tim verifikasinya saja yaitu BPKP. Kalau anggaran masih dibahas dan belum putus," kata Deputi Akuntabilitas‎ dan Reformasi Birokrasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Muhammad Yusuf Ateh, di sela-sela raker dengan Komisi II DPR, Selasa (22/9).

Dia menyebutkan, mekanisme verifikasi adalah tim turun ke lapangan dan mengecek berkas honorer K2. Dibanding verifikasi honorer K1, verval K2 lebih mudah karena tidak menyertakan bukti pembayaran gaji.
"Kalau verval honorer K2 lebih mudah karena berkasnya tidak sebanyak K1. Metode pemeriksaannya tidak didatangi satu per satu, cukup periksanya di kabupaten/kota dan dilihat SK serta dokumennya

pada tahap verval ini, sudah banyak calo cpns yang mengaku dapat meloloskan honorer k2 dalam tahap seleksi cpns tahun depan,   Meski pemerintah sudah berulang kali mengingatkan agar masyarakat tidak gampang terbujuk rayu calo CPNS, namun masih saja banyak korban yang tertipu. Ambil conoh di Sulawesi Tenggara ini.

Sampai saat ini Pollsek Mandonga masih menanti laporan para korban penipuan bermodus menjanjikan kelulusan menjadi CPNS dengan imbalan uang. Sebab hingga Selasa (22/9), korban masih berjumlah 44 orang.

Kanitreskrim Polsek Mandonga, Ipda Supratman Ambon yang ditemui mengatakan, dari keterangan tersangka Yunus Sanggo, korban dari aksi penipuannya tersebar pada beberapa daerah di provinsi ini.
"Keterangan pelaku, korbannya bukan hanya 44 tapi masih banyak lagi, meskipun kesaksiannya masih berubah-ubah," ujar Suparatman.

Kemarin, penyidik juga sempat menerima aduan dari seorang warga yang yang mengaku sebagai korban penipuan tersebut. Ia membayar sebesar Rp 300 juta. "Tapi setelah disuruh menunggu untuk  membuat laporan polisi, dia sudah pergi, jadi belum dimasukkan dalam laporan," sambung Kanitreskrim.

Ia pun mengimbau pada para korban jika merasa tertipu oleh aksi pelaku Yunus yang menjanjikan kelulusan menjadi PNS pada tahun 2008 lalu segera melaporkan ke kepolisian.

Seperti diberitakan sebelumnya, Yunus Sanggo ditangkap aparat Polsek Mandonga karena menipu dan menjanjikan korbannya menjadi PNS. Total uang yang terkumpul mencapai Rp 1,13 miliar

jadi, untuk para guru honorer k2 yang akan mengikuti seleksi pengangkatan, saya ingatkan untuk tidak percaya pada oknum manapun yang mengaku dapat meloloskan anda pada tahap seleksi tersebut, poin penting yang harus di ingat oleh para honorer k2 adalah: Pemerintah telah menetapkan pengakatan untuk seluruh honorer k2, hingga tahun 2019 mendatang

untuk apa lagi anda menggunakan jasa calo, itu hanya membuktikan kualitas diri anda sangat tidak memadai menurut anda sendiri, lagipula ada wacana bahwa seleksi pengangkatan guru honorer akan menggunakan sistem tes CAT

saya adalah salah satu orang yang pertama kali menggunakan sistem tersebut pada tes CPNS tahun 2013 kemarin, dan saya tidak menemukan cela untuk para "tikus" memainkan hasil ujian tersebut. setelah anda mengklik tombol "selesai Ujian" maka secara otomatis nilai anda akan langsung keluar, hanya dalam hitungan detik (nanti akan saya bahas mengenai sistem CAT secara khusus)


 selanjutnya mengenai JADWAL SELEKSI:

-Dengan alasan keterbatasan anggaran negara, pemerintah dan Komisi II DPR RI belum memutuskan kapan persisinya pengangkatan honorer kategori dua (K2).

Yang dipastikan baru tahunnya saja yakni 2016, sedangkan bulannya kapan diperkirakan April.
"Bulannya belum diputuskan, hanya dikira-kira saja April. Kalau tahunnya sudah pasti 2016," kata anggota Komisi II DPR EE Mangindaan, usai rapat kerja dengan MenPAN-RB, Menkeu, Selasa (22/9).

Dia menambahkan, belum dipastikannya bulan pengangkatan honorer K2 lantaran pendapatan negara naik turun. Terlebih saat ini Indonesia masih mengalami krisis.

"Ini APBN kan kembang-kempis, jadi belum jelas bulannya. April itu usulan DPR, namun pemerintah masih mencarikan anggarannya dulu, makanya akan dibahas kembali mengenai penentuan waktunya," terang politikus F-Partai Demokrat yang pernah menjabat MenPAN-RB di era Presiden SBY
dengan kata lain, pemerintah telah merencanakan seleksi pengangkatan honorer k2 akan dilaksanakan tahun depan pada bulan APRIL, jadi persiapkan diri anda, jangan lalai untuk memperbanyak pengetahuan anda.


SEDANGKAN UNTUK SKENARIO PENGANGKATAN:

Dalam rapat kerja tertutup antara Komisi II DPR RI dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi dan Menteri Keuangan yang diwakili Wamenkeu Mardiasmo, diputuskan empat skenario pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS. Empat skenario itu disesuaikan dengan kekuatan anggaran negara.

"Ada empat skema pengangkatan K2. Skema mana yang diambil disesuaikan dengan anggaran yang tersedia," kata EE Mangindaan, anggota Komisi II dari F-Partai Demokrat, usai raker tertutup, Selasa (22/9).

Skema pertama, penyelesaian secara bertahap selama empat tahun, masing-masing 25 persen dari 440 ribu‎ honorer. Skema kedua, 75 persen tahap pertama dan 25 persen tahap kedua. Skema ketiga, 50 persen tahap pertama, 25 persen tahap kedua, 25 persen tahap tiga. Skema keempat diangkat 100 persen. 

"Kalau anggaran mencukupi, 440 ribu honorer K2 bisa diangkat sekaligus. Tapi kalau tidak cukup, harus bertahap selama dua tahun atau tiga tahun atau empat tahun," paparnya.

Mangindaan menyatakan, di tengah krisis ekonomi, sulit bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang tepat. Salah langkah, bisa menyebabkan anggaran negara jebol.
"Tapi honorer K2 tenang-tenang saja, proses pengangkatan sudah pasti dimulai tahun depan, cuma berapa jumlah yang diangkat masih akan dibahas lanjut," tandasnya

SARAN DARI ADMIN:
untuk para guru honorer k2, harus pro aktif mencari informasi terbaru terkait pengangkatan k2, baik informasi dari pusat, maupun dari pemda anda masing-masing, jangan hanya menunggu,  pemerintah tidak mungkin mendatangi anda satu persatu untuk menginformasikan pengangkatan k2 terbaru

lalu, jangan percaya pada oknum manapun yang mengaku dapat membantu anda lolos seleksi cpns tahap pertama, dengan meminta imbalan uang, yakinlah bahwa tidak ada oknum yang bisa melakukan hal tersebut, mereka mungkin hanya bisa menghambat proses verval anda jika memang oknum tersebut memiliki jabatan yang terkait dengan hal tersbut

jika terjadi hal seperti itu, segera laporkan ke lembaga terkait, seperti inspektorat, atau atasan oknum yang bersangkutan, jangan takut, jika anda benar, siapapun akan mendukung kebenaran anda.

terakhir, jangan pelit dengan informasi, jika anda mendapatkan informasi, maka bagilah info tersebut kepada rekan-rekan anda yang lain, terutama rekan anda yang jauh di pelosok dan sulit untuk mengakses informasi, ingatlah, rejeki sudah diatur TUHAN, jadi jangan takut berbagi info hanya karena takut punya banyak saingan di tahap seleksi nanti.

TETAP SEMANGAT, TETAP SABAR REKAN SEMUA

pantau terus perkembangannya di INFO PENGANGKATAN K2 dan join grup NEGARA MENDIDIK

salam guru indonesia (y)


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.