MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

Sertifikasi Guru 2016




pada tahun 2016 mendatang, pemerintah telah mengubah sistem pendidikan sertifikasi guru, sertifikasi guru 2016 akan dilaksanakan melalui sistem PPGJ (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan)

perbedaaan antara sistem sertifikasi guru 2016 PPGJ dengan sertifikasi guru yang lama yaitu PPG terletak pada beberapa aspek;

1. Biaya
pada sertifikasi guru ditahun 2016 mendatang, yaitu PPGJ, biaya harus ditanggung oleh peserta pelatihan sertifikasi guru, dimana besarannya berkisar 7-14 juta Rupiah. Tergantung pada lamanya waktu yang dibutuhkan peserta, 1 semester atau 2 semester.

sedangkan pada sertifikasi PPG sebelumnya, biaya sertifikasi guru sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah, peserta PPG tidak lagi mengeluarkan biaya apapun, baik dari biaya belajar, tempat tinggal, hingga makan dan minum

2. Sistem Belajar 

sistem belajar sertifikasi untuk guru di tahun 2016 mendatang mengalami banyak perubahan dari sistem belajar sebelumnya, dimana peserta sertifikasi akan dilatih dan belajar didalam kelas selama beberapa bulan, kemudian akan kembali ke sekolah masing-masing untuk membuat laporan, setelah itu kembali lagi kekelas untuk mengumpulkan  laporan dan mengikuti test kelulusan sertifikasi.

sedangkan pada sistem belajar sertifikasi sebelumnya, peserta hanya belajar dikelas, tanpa membuat laporan, dan kemudian mengikuti test kelulusan sertifikasi

3. waktu

 Lama waktu yang diperlukan dalam menjalani sertifikasi 2016 mendatang antara1 semester dan 2 semester, tergantung pada spesifikasi guru peserta PPGJ, jauh berbeda pada waktu yang dibutuhkan dalam mengikuti PPG, dimana waktu yang diperlukan hanya 10 hari kerja.

itulah perbedaan antara sertifikasi guru tahun 2016 dengan sertifikasi guru ditahun sebelumnya, meskipun terlihat sangat memberatkan, tetapi tujuannya adalah untuk membentuk kualitas guru yang lebih mumpuni lagi, agar perbedaan guru yang telah bersertifikasi dengan guru yang belum terlihat jelas.

memang masalah biayalah yang menjadi beban paling berat, dimana guru harus mengeluarkan biaya 7 sampai 14 juta rupiah untuk bisa mengikuti sertifikasi guru 2016. namun, hal tersebut tentu saja setimpal dengan hasil yang akan didapat oleh para guru setelah lulus sertifikasi.

itulah yang dapat saya informasikan tentang sertifikasi guru 2016, semoga bermanfaat bagi para rekan-rekan

pantau terus perkembangannya di NEGARA MENDIDIK

BACA JUGA INFO LAINNYA



#join grup fb resmi kami untuk memudahkan anda mendapatkan info terupdatenya: @ Negara Mendidik

salam guru Indonesia (Y)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.