MARI BERBAGI INFORMASI

INFO TERBARU DUNIA PENDIDIKAN

INFO UKG SERENTAK 2015: UKG DINILAI MENGANCAM KESEJAHTERAAN GURU


Dalam beberapa minggu kedepan para guru yang berNUPTK atau yang memiliki pegID akan mengikuti ukg serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-27 november 2015 mendatang.

Secara garis besar Tujuan UKG menurut Kemendikbud adalah untuk memetakan kemampuan para guru, dimana  Tidak Lanjut hasil UKG sendiri  akan diintegrasikan dengan program Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dikoordinasikan oleh PPPPTK berdasarkan identifikasi peta kompetensi guru yang diketahui dari hasil UKG . UKG ini akan menjadi agenda rutin bagi guru untuk mengetahui level kompetensi guru sebagai bahan pertimbangan kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan demikian, guru nantinya diharapkan tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin mengetahui level kompetensi melalui UKG dan senantiasa menginginkan kompetensinya untuk diukur secara berkala. (SUMBER:gtk.kemdikbud.go.id)


Hasil UKG ini selain digunakan sebagai dasar dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru, digunakan juga sebagai informasi awal untuk menganalisis lembaga pendidikan guru. Untuk itu, sistem dan mekanisme pelaksanaan UKG akan disempurnakan dan dikembangkan secara terus menerus guna memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan.

namun beberapa pakar pendidikan dan pengamat pendidikan kurang sepakat dengan ide Kemendikbud ini, salah satunya seperti yang dikemukakan oleh Anggota Dewan Pertimbangan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Donny Koesoema, merekomendasikan agar ujian kompetensi guru (UKG) dipisahkan dengan faktor kesejahteraan guru.

“Ketika dihubungkan dengan kesejahteraan maka itu bisa dilihat sebagai bentuk manipulasi dan guru hanya berusaha lolos saja tetapi tidak meningkatkan kualitas,” kata Donny, setelah diskusi evaluasi satu tahun pemerintah Joko Widodo bidang pendidikan, di kantor LBH Jakarta, Ahad, 25 Oktober 2015.

Menurutnya, UKG dilakukan untuk pemetaan kemampuan guru. Akan tetapi, saat ini, menurutnya UKG dinilai mengancam kesejahteraan guru dengan konsekuensi sertifikasi. ”Saat ini yang terjadi jika UKG di bawah 5,5, guru tidak mendapatkan sertifikasi,” kata dia.

Ia berpendapat bahwa ujian kompetensi guru yang dilakukan setiap tahun tidak ada gunanya dan hanya menghabiskan anggaran. Menurutnya, hasil UKG ini dapat dijadikan pemerintah untuk mengambil kebijakan.

“Ketika hasil UKG keluar, itu sudah bisa menjadi action plan pemerintah. Tapi itu tidak dilakukan, hasilnya guru kita seperti ini. Akan gaduh,” katanya.

Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti menganggap kebijakan UKG ini sekadar proyek kementerian. “Ini seperti proyek, buat guru susah, tetapi buat penguasa tidak,” katanya. Ia mengatakan bahwa UKG tidak dapat mengukur secara tepat kapasitas guru.

Ia mengatakan melalui UKG, guru hanya diuji tanpa pernah ada solusi guru untuk mengatasi hasil tersebut. Selain itu, ia menyarankan agar UKG diserahkan langsung kepada kepala sekolah dan peserta didik. “Yang tahu kemampuan guru itu sekolah, kepala sekolah dan muridnya,” katanya.

jadi, menurut bapak ibu sendiri, apakah UKG ini akan berjalan efektif seperti yang telah direncakan oleh KEMENDIKBUD, dan apakah bapak ibu sependapat bahwa seharusnya hasil UKG tidak disangkut pautkan dengan kesejahteraan guru?

namun, apapun pendapat para guru, sepertinya tidak akan berpengaruh terhadap kebijakan yang telah di tetapkan oleh Kemendikbud, untuk itu sebaiknya para guru segera mempersiapkan diri guna menghadapi UKG 2015 ini.

 berikut saya uraikan Tata Tertib, Tata Cara dan Tips menghadapi UKG 
  Tata Tertib UKG

  1. Setelah registrasi, para guru memasuki ruangan sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG online dan identitas lainnya, yaitu: (a) Kartu peserta UKG (dicetak melalui AP2SG) oleh Dinas Pendidikan; (b) Surat tugas dari Kepala Sekolah; dan (c) Kartu identitas diri (KTP/SIM/Paspor asli) yang sah dan masih berlaku.
  2. Setiap peserta ujian tidak diperkenankan membawa buku atau referensi, kamera, handphone, alat penyimpan data (flash disk, external hardisk, kalkulator dan lain-lain) ke dalam ruangan ujian.
  3. Setiap peserta wajib mengikuti ujian sendiri dan tidak diperkenankan mewakilkan kepada orang lain. Jika ada peserta yang mewakilkan kepada orang lain dengan alasan apapun, maka haknya sebagai peserta uji kompetensi dinyatakan gugur.
  4. Peserta mengisi daftar hadir dan mendengarkan pengarahan dari tim teknis

 Tata Cara Ujian Online
  1. Login pada sistem ujian online sesuai dengan nomor peserta uji kompetensi guru dan NUPTK.
  2. Latihan menggunakan sistem ujian online selama 15 menit menggunakan soal ujicoba atau soal latihan
  3. Mengikuti ujian yang sesungguhnya dengan mengakses soal uji kompetensi yang disediakan.
  4. Waktu ujian akan tampil di layar komputer dan mulai menghitung mundur saat soal ujian mulai diakses.
  5. Menjawab soal ujian dengan cara memilih jawaban benar menggunakan mouse atau memilih jawaban benar dengan menekan keyboard (huruf A atau B atau C atau D).
  6. Jika terjadi salah pilih jawaban, peserta dapat memperbaiki jawaban dengan cara yang sama pada butir 5 di atas. Mengganti jawaban beberapa kali dapat dilakukan dan tidak mengurangi nilai peserta, namun harus dipertimbangkan waktunya.
  7. Soal akan muncul di layar komputer satu per satu.
  8. Aplikasi UKG online akan berhenti secara otomatis pada saat waktu ujian telah selesai. (sumber: LPMP Jawa Barat)
 
1. Pra UKG (Persiapan)
  • Pahami dan patuhi tata tertib dan tata cara ujian di atas. Dalam hal ini sebaiknya Anda lakukan simulasi pengisian soal-soal agar Anda punya gambaran umum bagaimana teknis login dan pengisian soal-soal. (unduh video tutoral ini: 
  • Pahami kisi-kisi Uji Kompetensi (UK) Tahun 2015, kemudian cari dan kuasai informasi dan sumber-sumber yang sekiranya relevan dengan kisi-kisi, bisa berdasarkan dari buku-buku teks ataupun sumber-sumber online.
  • Diskusikan materi-materi yang akan diujikan maupun teknis pengisian lainnya dengan rekan sejawat, khususnya dengan sejawat yang sama-sama akan mengikuti UKG. Hadirkan  atau datangi narasumber yang pernah mengikuti UKG dengan nilai yang memadai untuk diminta berbagi pengalaman dengan Anda.
2. Selama UKG online berlangsung (Pelaksanaan)
  • Jawablah soal-soal secara berurutan mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor terakhir, dianjurkan jangan diacak. Berhati-hatilah dalam memilih opsi jawaban, karena opsi jawaban yang diberikan biasanya mengandung daya pengecoh (distractor) yang lumayan tinggi. Gunakan pemahaman dan logika berfikir Anda secara cermat untuk menentukan pilihan jawaban yang paling tepat.
  • Saya yakin, soal yang diberikan sudah dirancang sedemikian rupa, termasuk alokasi waktu yang disediakan. Oleh karena itu, kelola waktu yang tersedia secara cermat.  Tidak perlu tergesa-gesa, tetapi tidak perlu juga terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk mengerjakan satu soal tertentu. Anda akan bertemu dengan 3 kategori soal: (1) mudah, Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk menjawabnya, dan dengan segera Anda bisa melanjutkan pengisian soal berikutnya; (2) sedang, Anda membutuhkan waktu rata-rata/normal untuk menjawabnya. Waktu normal adalah jumlah waktu yang tersedia dibagi jumlah soal; (3) sukar, Anda membutuhkan waktu lebih dari rata-rata untuk menyelesaikannya.
  •  Anda mungkin menemukan pula soal yang sama sekali Anda belum memiliki pengetahuan tentang hal yang ditanyakan. Menghadapi soal seperti ini, saya sarankan tetap diisi menggunakan intuisi Anda.


   TRIK DARI SAYA: 
  1. jika itu soal hafalan (contoh:pkn. bahasa, ips, dll) maka saya akan memilih jawaban yang paling panjang atau paling pendek diantara opsi yang ada, karena biasanya jawaban terletak diantara 2 opsi tersebut
  2. didalam soal selalu tersirat jawabannya jadi  anda harus tenang dan fokus saat membaca soal.  pahami detil soal tersebut, maka pasti anda akan menemukan jawabannya, optimalkan nalar anda.
  3.  jika soal yang berkaitan dengan angka, maka pilihlah jawaban yang angkanya paling banyak keluar diantara pilihan jawaban yang lain (contoh a. 1234 b.1257 c.1237 d. 1247 maka pilihlah jawaban C) INGAT !! waktu anda terbatas, jangan terlalu kaku dengan soal matematika yang membutuhkan penyelesaian yang panjang, jika anda terlalu fokus mencari jawaban satu soal dan menghabiskan waktu bermenit-menit, maka soal yang lain tidak akan bisa anda jawab sebelum tengat waktu yang ditetapkan

 *cara ini tidak pasti benar jawabannya, tapi sudah saya coba saat tes cpns 2013 kemarin. dan INGAT ini hanya trik ketika anda sudah benar-benar tidak bisa menjawab soal, maka jadikan triks ini cara terakhir untuk menjawab. belajar tetap lebih diutamakan !

Terakhir, Jangan ragu bertanya kepada petugas ruangan, apabila ada hal-hal yang belum jelas atau kendala dalam mengoperasikan komputer yang Anda gunakan, khususnya bagi Anda yang belum terbiasa akrab dengan komputer.

dan ingat ! hasil UKG ini akan membawa dampak yang cukup besar, seperti yang diterangkan diatas, maka dari itu berusahalah semaksimal mungkin.


pantau terus perkembangannya di NEGARA MENDIDIK

BACA JUGA INFO LAINNYA



#join grup fb resmi kami untuk memudahkan anda mendapatkan info terupdatenya: @ Negara Mendidik


SALAM GURU INDONESIA (Y)



COBA TANYA MEREKA, YANG MEMBUAT MEREKA PINTAR SIAPA, GURU ATAU KEMENDIKBUD? :-)

COBA TANYA MEREKA , YANG SETIAP HARI BERJALAN BERSAMA MEREKA KE SEKOLAH SIAPA, GURU ATAU KEMENDIKBUD?

COBA TANYA, YANG MEMBUAT GURU SIBUK ADMINISTRASI SIAPA?

COBA TANYA, YANG MEMBUAT GURU PUSING KARENA INI, SIAPA?

COBA TANYA INI SIAPA?





Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.